HIV-AIDS

 

Sabtu, 31 Maret 2012

Update data HIV sampai dengan Maret sebanyak 584 kasus

0 komentar

Pada tahun 2000 kasus HIV-AIDS di Kabupaten Cirebon petamakali ditemukan sebanyak 3 kasus, dan dalam kurun waktu 12 tahun tepatnya sampai dengan bulan Maret tahun 2012 sudah mencapai 584 kasus. Kasus ini diketemukan melalui Mobile VCT dan Klinik VCT serta Palang Merah Indonesia (PMI), dimana  untuk warga kabupaten 255 kasus, penghuni LAPAS Suntik Gintung 311 dan pemeriksaan darah di PMI 18 kasus.
Untuk warga Kabupaten Cirebon dari sejumlah 255 kasus, apabila dilihat dari cara penularannya, melalui sex bebas 182 (71,37%), Pengguna Narkoba Suntik (penasun) 72 (28,23%) dan perinatal 1 (0,39%) kasus.
HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus penyebab AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) sehingga akan timbul sekumpulan gejala penyakit sebagai akibat dari menurunnya system kekebelan tubuh. Kondisi ini akan terus memburuk jika tidak segera ditangani bahkan bisa meninggal
.
Adapun kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan KPA, LSM PKBI, LSM Komunal dan LSM Warga Siaga serta Serpihan Mutiara, adalah melalui Mobile VCT (voluntary counseling and testing) atau Konseling dan Tes Sukarela (KTS) dimana sasarannya adalah para komunitas resiko tinggi seperti pengguna narkoba suntik (IDU’s), wanita pekerja seks (WPS), Waria, man sex man (MSM),  dan warga binaan Lapas Suntik Gintung.
Sedangkan untuk sarana klinik VCT baru tersedia di 2 (dua) Puskesmas, yaitu Kedawung dan Plumbon, ditambah 3 (tiga) Puskesmas satelit yaitu Beber, Tegalgubug dan Ciledug, namun belum berjalan sebagaimana yang diharapkan karena masih terkendala oleh sarana dan prasarana. Sedangkan untuk Rumah Sakit rujukan komprehensif baru RSUD Waled yang terletak di wilayah Cirebon timur, padahal populasi HIV-AIDS  sebagian besar di Cirebon bagian barat. Dan ini  adalah agenda kedepan bagi pemerintah untuk segera menambah layanan pemeriksaan, dukungan dan perawatan sehingga tidak ada lagi infeksi-infeksi baru.

0 komentar:

Posting Komentar