HIV-AIDS

 

Sabtu, 28 Januari 2012

Memperingati Hari Kusta Se Dunia

0 komentar
Hari Kusta Dunia yang jatuh pada tanggal 25 Januari atau setiap meinggu terakhir, untuk tahun 2012 diperingati oleh dunia pada tanggal 29 januari.
Sari Project adalah sebuah lembaga nirlaba yang berafiliasi dengan Universitas Indonesia, Mimi Institut merayakan hari kusta di Kabupaten Cirebon pada tanggal 28 Januari 2012 yang bertempat di alun-alun Kecamatan Lemahabang. Sari Project juga menggandeng Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial selaku steakholder dari pemerintah.
Dalam acara tersebut dihadiri sekitar 300 orang penderita kusta,baik yang sudah sembuh maupun yang sedang dalam pengobatan. Acara diawali dengan Senam Jantung Sehat dan Aerobik.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Bidang P2P dr. H. Abdul Azis, MM. kemudian sambutan dilanjutkan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon. Acara juga cukup meriah dengan diselingi dengan hiburan dan doorprise.
Untuk lebih memberi motivasi kepada para penderita kusta maka panitia memberikan testimoni dari 3 orang penderita yang sudah sembuh dan penyuluhan interaktif yang dibawakan oleh dr.H. Abdul Azis, MM.
Motivasi juga diberikan oleh Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit (Nanang Ruhyana), dimana beliau memberikan motivasi untuk dibentuk KPD (kelompok perawatan diri) sebagai wadah bagi penderita yang dalam pengobatan maupun yang sudah sembuh, sehingga mereka bisa berbagi pengalaman. Masih menurut Nanang bahwa KPD cikal bakal wadah yang nantinya bisa memberikan kontribusi di dalam pelatihan keterampilan serta bantuan kepada dinas instansi terkait seperi Dinas Sosial dan Balai Latihan Kerja, sehingga mereka bisa berkreasi sesuai dengan keahliannya. Tak luput Kepala Puskesmas pun di tuntut untuk selalu memberikan penyuluhan kelompok kepada mereka sebagai awal dari pembentukan KPD.

0 komentar:

Posting Komentar